Anak Terlalu Banyak Minum Susu

Bahaya Anak Terlalu Banyak Minum Susu, Orangtua Wajib Tahu

Susu adalah minuman kaya nutrisi yang kerap dianggap sebagai ramuan ajaib untuk tumbuh kembang anak.

Namun, tahukah Anda bahwa terlalu banyak susu juga sanggup berdampak jelek bagi si kecil?

Terlalu banyak mengkonsumsi susu pada anak sanggup mengundang sejumlah bahaya kesehatan yang kudu diperhatikan oleh para orangtua yang terlalu suka memberikan susu kecuali kalian suka bermain bersama di slot gacor.

Bahaya terlalu banyak minum susu

Susu sebenarnya baik untuk menolong tumbuh kembang anak. Namun, terlalu banyak minum susu juga memicu sejumlah persoalan kesehatan untuk si kecil.

Berikut berbagai bahaya akibat terlalu banyak minum susu:

  • Gangguan pencernaan

Konsumsi susu yang berlebihan sanggup memicu masalah pencernaan, layaknya diare, perut kembung, atau sembelit pada lebih dari satu anak.

  • Hal ini sanggup disebabkan oleh intoleransi laktosa atau alergi susu.

Selain itu, susu tidak memiliki kandungan serat. Kurangnya serat inilah yang sanggup memicu proses pencernaan anak lamban, berujung pada sembelit dan ketidaknyamanan di perut.

  • Gangguan penyerapan zat besi

Susu memiliki kandungan kalsium yang tinggi, dan mengkonsumsi berlebihan sanggup mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Menurut laman Medical News, terganggunya penyerapan zat besi sanggup tingkatkan risiko anemia pada anak.

  • Risiko obesitas

Terlalu banyak asupan kalori dari susu sanggup tingkatkan risiko obesitas pada anak-anak.

Mengutip KidsHealth, anak yang mengkonsumsi lebih banyak kalori dari yang mereka butuhkan sanggup mengalami peningkatan berat badan yang berlebihan.

  • Gangguan ginjal

Kandungan fosfor dalam susu sangatlah tinggi. Informasi dari Web MD menjelaskan bahwa fosfor dalam susu sebenarnya perlu untul tulang.

Namun, ginjal anak yang tetap dalam bagian perkembangan sanggup terbebani, jika asupan fosfor terlalu tinggi, berpotensi mengganggu fungsinya.

Jumlah susu untuk anak

Meski terlalu banyak mengkonsumsi susu memicu bahaya kesehatan, minuman ini tetap diperlukan anak untuk menolong tumbuh kembangnya.

Sebagai orangtua, Anda cuma kudu sadar jumlah yang pas dan variasi asupan nutrisi. Melansir laman NHS, selanjutnya anjuran jumlah susu untuk anak sesuai usia:

  • 1-3 tahun: 1-2 cangkir susu full cream per hari.
  • 4-8 tahun: 2-3 cangkir susu full cream/semi-skim per hari.
  • 9-18 tahun: 3-4 cangkir susu full cream/semi-skim per hari.

Variasikan sumber kalsium dan protein bersama dengan menambahkan anak makanan bergizi lain, layaknya sayur, buah, ikan, dan daging.

Pantau kebiasaan makan anak, dan jangan sangsi konsultasikan bersama dengan dokter anak, jika terasa asupan susunya berlebihan.

Asupan yang pas disertai pola makan banyak variasi adalah kunci untuk tumbuh kembang optimal anak tanpa risiko tersembunyi.

Jadi, bijaklah supaya segelas susu terlalu bermanfaat, bukan bumerang bagi kesehatan si kecil.

Tentang Penulis

admin3