Destinasi Daerah Pesona Lembah Harau, Surga di Tengah Sumatra Barat

Lembah Harau yaitu salah satu tujuan daerah tamasya populer di Sumatra Barat. Lembah subur ini berada di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Lembah Harau berada di tengah-tengah tebing terjal dengan ketinggian 100-200 meter. Tetapi, justru berkat eksistensi tebing terjal ini, daerah ini mempunyai panorama yang luar lazim eksotis.

Dikutip dari website resminya harau.org kata Harau dalam nama Lembah Harau diyakini berasal dari kata “parau”, yang artinya bunyi serak. Konon, penduduk lokal yang tinggal di Bukit Jambu acap kali menghadapi banjir dan longsor yang memunculkan kegaduhan dan kepanikan.

Tiap-tiap banjir dan longsor terjadi, penduduk akan berteriak histeris sehingga memunculkan bunyi parau. Karena penduduknya banyak yang bersuara parau, karenanya daerah itu kemudian dikenal dengan “orau”.

Pada perkembangan selanjutnya, daerah https://smoketothebonebbq.com/ itu berubah nama menjadi “arau”. Kemudian berkembang dan lebih dikenal dengan “Harau” saat ini.

Secara geologi dulunya Lembah Harau yaitu dasar lautan. Hal hal yang demikian disokong dengan banyak ditemukannya bermacam-macam endapan bawah laut berada di daratan lembah ini.

Bebatuan yang ada di perbukitan Lembah Harau yaitu batuan Breksi dan konglomerat. Bebatuan hal yang demikian yaitu macam batu yang umumnya terdapat di dasar laut.

Lembah Harau dijuluki juga dengan nama Lembah Yosemite, dan menjadi salah satu lembah terindah di Indonesia. Dijuluki Lembah Yosimite sebab mengingatkan pada keindahan Taman Nasional Yosemite di Sierra Nevada, California yang terkenal.

Ada sebagian daerah tamasya menarik yang dapat dikunjungi wisatawan di Lembah Harau, mulai dari Bukit Putih, Bukit Jambu, Curug, hingga daerah tamasya kekinian. Kecuali itu, Lembah Harau juga terdiri dari tiga wilayah, yaitu Resort Aka Barayun, Resort Sarasah Bunta, dan Resort Rimbo Piobang,.

Masing-masing wilayah mempunyai ciri khas daerah tamasya sendiri. Tetapi yang paling populer yaitu Resort Aka Barayun mempunyai air terjun dan kolam renang bernuansa alam yang asr.

Lembah Harau berada sekitar 138 kilometer dari Kota Padang, 47 kilometer dari Bukittinggi, 18 Kilometer dari Payakumbuh, dan 2 kilometer dari pusat Kabupaten Lima Puluh Kota. Sekiranya wisatawan berasal dari Kota Bukittinggi, cuma perlu waktu sekitar 1,5 jam saja dengan memakai transportasi darat.

Dari Kota Bukittinggi, wisatawan sepatutnya mengambil arah ke Kota Payakumbuh. Setelah itu, pengunjung sudah akan berada di Jalan Lembah Harau.

Rumit tamasya Lembah Harau ini tergolong mudah ditemukan. Harga tiket masuk Lembah Harau sekitar Rp20.000. Pelancong juga dapat membeli tiket terusan seharga Rp40.000, untuk ke sebagian tamasya Sumatra Barat hal yang demikian.

Tentang Penulis

admin7