Indonesia Batal jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Ini Potensi Sanksinya!

Indonesia bisa saja saat ini batal untuk bertanding pada Piala Dunia U-20 karena saat ini Indonesia telah dicoret sebagai tuan rumah. Selain itu, Indonesia juga berpotensi untuk dijatuhi sanksi dari FIFA.

Secara resmi, FIFA telah mengumumkan Indonesia tidak akan menggelar Piala Dunia U-20 2023. Menyusul adanya pertemuan di antara Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Ketua Umum PSSI yakni Erick Thohir di Doha, Watar, pada Rabu (29/3/2023).  

Keputusan tersebut diambil setelah adanya beragam penolakan mengenai keikutsertaan dari timnas Israel U-20. Protes itu juga tidak dikemukanan oleh politisi, tetapi juga dari berbagai lapisan masyarakat.

Dalam laman resminya, FIFA memberikan keterangan mengenai pembatalan tersebut.

“Menyusul pertemuan antara mix parlay Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden PSSI Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, mengingat situasi saat ini, untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023. Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen tidak berubah. Potensi sanksi untuk PSSI kemungkinan juga akan diputuskan di kemudian hari,” bunyi keterangan FIFA.

Dengan pembatalan Indonesia sebagai host atau tuan rumah dari Piala Dunia U-20 ini, ikut mengancam partisipasi dari Hokky Caraka dkk. Karena sebelumnya Indonesia secara otomatis lolos pada putaran final dari turnamen tersebut melalui jalur tuan rumah.

Selain itu Indonesia juga harus bersiap untuk menghadapi kemungkinan mendapatkan sanksi dari FIFA. FIFA sendiri diketahui sudah menyiapkan sanksi untuk Indonesia yang akan segera diumumkan.

Lalu apa saja sanksi yang kemungkinan dijatuhkan pada Indonesia? Hal ini belum lama diungkapkan oleh Arya Sinulingga yang merupakan Exco PSSI. Ia menyebutkan bahwa salah satu potensi hukuman untuk Indonesia adalah skorsing seperti yang pernah terjadi di tahun 2015-2016.

Jika hal tersebut benar-benar terjadi, maka dampak untuk Indonesia adalah Tim Nasional tidak dapat mengikuti uji coba yang dilakukan oleh FIFA dan juga dilarang untuk menggelar kompetisi sepakbola.

Kekhawatiran lainnya yang kemungkinan akan terjadi adalah, Indonesia tidak akan diberikan kesempatan oleh FIFA untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 dan tidak mendapatkan kepercayaan untuk bisa menggelar ajang olahraga lain karena dianggap diskriminatif.

Tentang Penulis

admin4