rise-of-the-ronin

Rise of The Ronin Game Open World

Sesudah sukses membangun reputasinya sebagai developer spesialis game action dengan tingkat kesusahan tinggi yang juga disokong popularitas franchise lama mereka, Team Ninja walhasil berani mengambil langkah besar dalam memaksimalkan proyek paling ambisius mereka sejauh ini lewat Rise of the Ronin. Salah satu nilai jual terkuatnya sudah pasti ada di fakta jikalau ini ialah game open-world, sebuah pendekatan yang memang baru pertama kali diambil Team Ninja, jadi kami tentunya merasa benar-benar penasaran akan desain dunia hingga pengalaman bermain seperti apa yang bisa mereka suguhkan.

Pihak Sony Interactive Entertainment Asia sendiri sudah memberi tim kami peluang untuk menjajal gamenya selama beberapa pekan lebih awal, dan kami tentunya memanfaatkan waktu yang cukup panjang ini untuk mengeksplor sebanyak mungkin kontennya. Satu yang pasti jikalau Rise of the Ronin ialah game yang masif dan cukup mengagetkan kami di beberapa daerah. Lalu apakah keseluruhan gamenya menawarkan mutu konsisten dan sesuai ekspektasi? Lantas saja simak bahasan lengkapnya pada ulasan berikut.

Jalan Cerita

Sebelum memulai petualangan besarmu dalam Rise of the Ronin, gamenya memberi pilihan kustomisasi karakter, yang seperti sempat kami bahas dalam preview sebelumnya, masih relatif mirip dengan beberapa game soulslike keluaran Team Ninja sebelum ini, termasuk juga dari variasi alternatifnya seperti seleksi variasi rambut yang relatif masih identik misalnya. Apa yang membuatnya menarik ialah bagaimana kau dikasih kebebasan untuk mengkustomisasi dua karakter kembar Veiled Edge dengan variasi kelamin berbeda, sebab mereka nantinya akan mengatur peran penting dalam cerita utama. Tapi sebab kau pada walhasil hanya akan bermain sebagai salah satu dari mereka, untuk awal gamenya ini kau hanya perlu berkonsentrasi mengkustomisasi pilihan favoritmu saja.

Baca Juga :

Game Online Android Terpopuler

Steam Tak Bisa Diakses Ini Daftar Game Online yang Diblokir Kominfo

Sesudah lewat komponen kustomisasi karakter, petualanganmu walhasil dimulai yang mana cerita dalam Rise of the Ronin sendiri berkutat pada era Bakumatsu yang juga ialah masa transisi bagi Jepang di akhir periode Edo. Pada masa-masa ini terjadilah Perang Boshin yang melibatkan perselisihan antar berbagai faksi yang menentang Tokugawa Shogunate sebab keterbukaan mereka pada dampak dari negeri barat. Tapi dibalik memanasnya perselisihan besar ini, kau ditempatkan sebagai seorang Ronin dengan latar belakang sebagai salah satu dari pendekar kembar Veiled Edge yang dibesarkan oleh klan Kurosu dengan misi utama untuk menentang Shogunate. Sebab terjadinya suatu tragedi di awal cerita yang berhubungan dengan Blue Demon, karaktermu akan memulai petualangan besar demi mencari sosok misterius hal yang demikian menyusuri Yokohama.

Sepanjang petualangannya ini ia akan dipertemukan dengan banyak karakter menarik yang beberapa berdasar pada tokoh sejarah mulai dari Ryoma Sakamoto, Taka Murayama, Matthew Perry, dan masih banyak lagi. Mereka segala bisa mempunyai peran yang cukup kuat dalam cerita, terutamanya dalam membantu karaktermu untuk menempuh tujuannya, hanya saja di era penuh perselisihan ini, masing-masing dari mereka mempunyai kubu tersendiri yang dipihaki dan pada walhasil kau juga akan dikasih pilihan untuk ikut serta memihak mereka atau tidak. Dari sinilah gamenya ikut serta memberi pilihan cabang cerita meniru faksi mana yang lebih kau favoritkan. Ada Anti-Shogunate yang diisi oleh para pendekar samurai dengan kesetiaan tinggi pada kebebasan Jepang dari dampak barat, sementara di pihak lain ada Pro-Shogunate yang diisi oleh tokoh-tokoh penting di pemerintahan yang juga berkeinginan meredam pemberontakan dari berbagai faksi yang membangkangnya.

Bergantung dari pilihan yang kau ambil berdasarkan misi utama untuk menyokong kedua faksi tadi, ini bisa memberi dampak besar pada alur cerita malahan hingga konklusinya. Seandainya masih linglung berkeinginan memilih faksi mana yang berkeinginan kau fokuskan, gamenya akan memberimu peluang untuk menjalin relasi erat dengan tiap-tiap karakter penting yang ada lewat cara bond, termasuk menjalani misi khusus dengan mereka dan mengenal latar belakangnya lebih dalam. Bergantung dari progress yang ada, kau nantinya bisa menjalin semacam relasi asmara dengan meningkatkan tahapan Favor dari karakter-karakter ini, salah satunya seperti dengan memberi mereka hadiah favoritnya atau memilih pilihan dialog yang ideal.

Kami jujur diwujudkan cukup takjub dengan pendekatan cerita yang diambil Rise of the Ronin. Sebab jikalau sebelumnya Team Ninja memaksimalkan game yang lebih menyimpan prioritas pada porsi gameplay terutamanya di seri soulslike mereka, Ronin justru mempunyai porsi cerita yang jauh lebih padat dengan alur bercabang dan fokus cerita sampingan untuk masing-masing karakter utama. Ini tentunya benar-benar berkontribusi pada aspek replayability, walaupun hal yang sama kami rasa tidak berlaku untuk porsi romance di gamenya.

Ini sebab terlepas dari pilihan untuk bermain sebagai Veiled Edge pria dan wanita, gamenya masih memperlakukan karaktermu sebagai karakter dengan variasi kelamin yang tidak pasti seperti menyebutmu dengan kata “they” atau “them” dalam dialog cerita. Ini juga berujung pada bagaimana karaktermu bisa meningkatkan Favor dengan karakter sesama variasi kelamin untuk terlibat dalam percakapan intim juga. Kami rasa akan jauh lebih menarik misalnya karakter pilihanmu dalam game ini bisa mempunyai identitas lebih jelas, dan bagaimana bergantung dari pilihan karakter utama pria atau wanita, karenanya playthrough-nya bisa memberi akses ke pilihan romance berbeda yang tentu bisa kian memotivasimu untuk kembali memainkan gamenya.

Open-World Pertama Team Ninja

Apa yang membikin Ronin terutamanya benar-benar berbeda dari segala game Team Ninja sebelum ini ialah fakta jikalau mereka mendesainnya sebagai open-world. Mengenal bagaimana mereka lebih mempunyai pengalaman dalam meracik game action dengan struktur tahapan terpisah yang lebih tradisional, kami tentunya dibaut benar-benar penasaran dan pada walhasil game ini sukses menawarkan sensasi bermain open-world yang cukup fresh. Yokohama direalisasikan dalam map yang cukup luas dan terbagi menjadi 20 wilayah. Setiap zonanya diisi dengan berbagai spot dan variasi aktivitas untuk dijalani, salah satunya yang paling menjadi sentra perhatian terkuat ialah kota besar Yokohama yang semacam itu sibuk.

Ketika mausk ke kota hal yang demikian kau bisa langsung merasakan adanya dampak barat yang kuat dengan banyaknya bangunan gedung, para penduduk berbahasa asing, hingga pasukan bersenjata api yang berpatroli. Meski terkesan adanya kesan opresi, para penduduk lokal justru menjalin kerjasama mutual dengan wilayah barat, walaupun tentunya ada golongan anti-shogunate yang membangkangnya. Seandainya kau memperhatikannya dengan lebih dekat, ini ialah dunia yang direalisasikan dengan benar-benar bagus dan absah. Kau bisa mengamati potret kehidupan mewah, mereka yang bernasib jadi gelandangan, hingga yang datang dari budaya berbeda seperti bagaimana Yokohama juga mempunyai area Chinatown untuk dieksplor.

Tapi lebih dari sekadar museum cantik, seperti yang sudah kami sebutkan tadi kau bisa menjalankan variasi aktivitas di dunianya ini. Eksplorasi dipermudah dengan adanya kuda sebagai transportasi utamamu termasuk gadget berupa Glider yang berujung benar-benar membantu kami di banyak sekali momen, terutamanya saat berkeinginan menjangkau area yang susah ditempuh. Mobilitas karaktermu juga ikut serta dikembangkan dengan memberinya sedikit manuver parkour termasuk mengaplikasikan grappling rope. Kami tidak bermaksud untuk membawa komparasi, tapi sensasi mengeksplor kota Yokohama sambil mengenakan kostum Secret Agent dan menjalankan manuver keren di sana sini benar-benar membikin Ronin terasa seperti memainkan game Assassin’s Creed Jepang yang sudah lama didambakan.

Tentang Penulis

admin7