Tempat tamasya sekitar pelabuhan ratu

Bertamasya memang aktivitas yang disukai semua orang. Tak cuma si kecil- si kecil, tetapi juga remaja, orang tua, malahan kakek nenek juga menyenangi berlibur ini. Tak ini karena berlibur tidak memerlukan pikiran yang serius, kecuali itu karena memang tujuan berlibur yakni untuk menenangkan hati dan pikiran, sehingga akan terwujud pikiran yang segar kembali dan tempat tamasya di pelabuhan ratu ini yakni tempat tamasya yang sesuai untuk si kecil muda.

Banyak tempat berlibur yang menjadi tujuan berlibur, bagus itu tempat tamasya alam, maupun tempat tamasya buatan manusia. Variasi- jenis tamasya ada sebagian, antara lain tamasya alam pengunungan, tamasya air atau pantai, tamasya sejarah, tamasya purbakala, tamasya budaya, tamasya religi, sampai tamasya belanja. Tamasya alam spaceman slot pegunungan yang umumnya menjadi tempat yang dikunjungi antara lain seperti pegunungan, dataran tinggi, gunung api yang sudah tidak aktif lagi, atau gunung- gunung yang lain yang memiliki jalur pendakian.

Untuk tamasya air, tempat yang awam dikunjungi yakni water park, kolam renang, pantai, sungai, maupun sumber air, dan tempat- tempat lainnya yang dapat diaplikasikan untuk berenang dan bermain air. Tamasya sejarah, tempat yang dapat dikunjungi yakni museum, makam- makam raja atau presiden zaman dulu, keraton, gedung- gedung kuno yang bersifat penting, maupun tempat- tempat lain yang mengandung nilai sejarah.
Untuk tamasya purbakala, tempat yang awam dikunjugi yakni candi- candi, bagus candi Hindu maupun Budha. Untuk tamasya budaya, tempat yang dapat dikunjungi yakni museum seni, pasar seni, galeri- galeri yang memuat barang- barang bernilai seni tradisional, desa- desa adat, dan lain sebagainya.
Sementara untuk tamasya religi, tempat yang awam dikunjungi yakni makam- makam kyai atau pemuka agama lainnya, tempat- tempat peribadatan, dan tempat- tempat lain yang mengandung nilai religiusitas. Sedangkanuntuk tamasya belanja tempat yang awam diciptakan buruan pelancong yakni pasar- pasar tradisional yang menjual barang- barang khas tempat, pasar- pasar yang ada di sekitar tempat tamasya, sampai mall- mall yang berdiri megah di sentra- sentra kota.
Seluruh jenis tamasya ini dapat dengan mudah dijumpai di tempat- tempat, malahan sebagian besar tempat memiliki sebagian atau semua jenis tamasya ini. Ini semua tergantung opsi masing- masing. Bertamasya akan menjadi kian mengasyikka kalau dapat mencoba satu persatu jenis tamasya- tamasya tersebut.
Banyak tempat atau kota- kota di Indonesia yang tenar akan tempat wisatanya. Ada yang tenar karena tamasya alamnya, ada yang tenar karena tamasya sejarahnya, ada yang tenar karena tamasya kulturnya, malahan ada yang tekenal karena tamasya belanjanya dan lain sebagainya. Tak ini karena memang tiap tempat atau kota memiliki ciri khasnya tertentu yeng kadang menjadi icon dari kota atau tempat tertentu.Banyak sekali tempat yang menjadi tujuan berlibur, malahan untuk berlibur panjang (peak season) yang sengaja datang dari luar kota, atau malahan luar negeri menikmati bermacam tempat tamasya yang ada dikota tersebut.
Tak cuma satu dua hari, malahan dapat sampai berminggu- pekan. Tarif turis asing yang datang dari luar negeri dapat sampai berbulan- bulan cuma sekadar untuk berlibur di negeri orang, demi untuk menikmati apa saja yang tidak ditemukan di negaranya sendiri. Malah yang dikeluarkan malahan juga tidak sedikit. Bagi sebagian orang yang memang menyenangi pariwisata atau berlibur, uang atau biaya bukanlah menjadi kendala yang berarti. Tarif dikala keuangan bersifat cukup atau pas- pasan sekalipun. Bagi mereka kepuasan batin lebih penting dari sekadar menimbun uang. Tak ini juga karena pertimbangan peluang, mumpung masih dapat berlibur, ada waktu, ada lahiriah sehat dan masih kuat maka mencari pengalaman tidak akan ada salahnya, termasuk pengalaman berlibur.
Karakteristik pelabuhan ratu

Salah satu tempat atau kota yang menarik untuk dibicarakan mengenai tempat wisatanya yakni pelabuhan Ratu, provinsi Jawa Barat. Pelabuhan Ratu yakni sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat yang juga yakni ibukota dari kabupaten ini. Sukabumi memang yakni salah satu kabupaten yang tenar memiliki banyak tempat tamasya menarik di Tanah Sunda. Pelabuhan Ratu ini juga yakni tujuan banyak traveller atau pelancong untuk berlibur atau berlibur. Secara geografis, Pelabuhan Ratu berada di sebelah barat daya kabupaten Sukabumi. Meski berada di pesisir Samudra Hindia, sehingga banyak memiliki pantai dengan ombak- ombak yang lumayan besar di banding dengan pantai yang berada di pesisir utara pulau Jawa.

Keindahan letak Pelabuhan Ratu yang berada di pesisir Samudera Hindia, sehingga objek tamasya yang dimiliki didominasi oleh pantai- pantai. Wilayah demikian, bukan berarti Pelabuhan Ratu tidak memiliki objek tamasya lain kecuali pantai. Masih banyak objek tamasya lain kecuali pantai yang dimiliki oleh Pelabuhan Ratu ini. Objek objek tamasya di Pelabuhan Ratu juga tidak kalah menarik dengan yang lainnya, tidak cuma pantainya saja, tetapi juga non pantainya. Sehingga banyak warga terpenting yang tinggal di tempat Jawa Barat atau DKI Jakarta mengunjungi tempat ini untuk berlibur. Tamasya Pelabuhan Ratu cukup menjadi primadona di wilayah Tanah Sunda dan juga Ibu kota.

Tempat Tamasya di Pelabuhan Ratu
Banyak sekali objek tamasya yang berada di wilayah Pelabuhan Ratu ini yang sesuai Anda datangi bersama keluarga, teman, rekan kerja, teman- teman sekolah atau kuliah, atau bersama orang yang spesial. Berikut yakni sebagian tempat tamasya di Pelabuhan Ratu.

Pantai Pelabuhan Ratu

Tempat tamasya pertama dan harus dikunjungi oleh Anda yang menyempatkan diri berlibur di wilayah Pelabuhan Ratu yakni Pantai Pelabuhan Ratu. Pantai ini yakni objek yang paling tenar di wilayah Pelabuhan Ratu. Pantai Pelabuhan Ratu ini memiliki karakteristik pasir yang berwarna coklat lembut dan memiliki ombak besar khas Samudera Hindia atau Pantai Selatan.

Objek pantai ini malahan pernah menggerakkan presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno untuk menjadi inisiator pembangunan hotel di sekitar pantai ini sekaligus yang menjadi icon dari Pelabuhan Ratu sendiri, yakni Samudera Beach Hotel. Selain estetika yang mengagumkan dan tenar semenjak dulu, pantai ini juga tenar dengan mitos yang melegenda perihal Ratu Kidul, yakni Ratu penjaga Pantai Selatan yang memiliki paras benar-benar cantik dan senantiasa mengenakan pakaian berwarna hijau. Tak heran juga kalau di pantai ini acap kali ada orang yang menjalankan ritual- ritual bersifat mistis.

Pantai Karang Hawu

Selain Pantai Pelabuhan Ratu, Pantai Karang Hawu juga yakni pantai yang tenar di sekitar wilayah ini. Seperti pantai selatan lainnya, pantai ini juga memiliki ombak yang besar yang benar-benar menunjang untuk aktivitas surfing. Selain itu di pantai ini juga sudah dibangun fasilitas- fasilitas yang menunjang bagi para pelancong, seperti trotoar untuk pejalan kaki, dan juga gazebo dan tempat- tempat duduk lain yang diaplikasikan untuk menikmati panorama di sekitar pantai.

Ada ciri khas yang dimiliki pantai ini, yakni adanya batu- batu karang yang menjolok ke laut. Karena batu karang malahan memiliki lubang seperti tungku, dan itulah sebabnya pantai ini dinamakan Pantai Karang Hawu yang mana dalam bahasa Sunda Hawu berarti tungku.

Goa Lalay

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa objek tamasya yang dimiliki Pelabuhan Ratu tidak cuma berupa pantai saja. Tempat tamasya non pantai salah satunya yakni Goa Lalay. Goa Lalay ini terletak 3 kilometer dari sentra kota Pelabuhan Ratu. Goa ini memiliki temperatur udara yang benar-benar lembab dan dihuni oleh banyak sekali kekelawar yang umumnya meninggalkan goa pada pukul lima sore.

Dinding goa ini bersolek akan staktit dan stalakmi yang sedangkan tidak terlalu banyak tetapi cukup membikin goa ini nampak cantik. Keindahan saking banyaknya kelelawar yang hidup di goa ini, sehingga goa ini dinamakan goa Lalay yang artinya kelelawar.

Tentang Penulis

admin4