Test Urine Penting Untuk Kondisi Kesehatan

Test Urine Penting Untuk Kondisi Kesehatan

Tes urine adalah salah satu metode diagnostik yang paling umum digunakan untuk memeriksa berbagai suasana kesehatan. Melalui anggapan sampel urine, dokter mampu memperoleh deskripsi mengenai standing kesegaran seseorang dan mendeteksi berbagai penyakit.

Berikut ini adalah lebih dari satu style tes urine yang kerap dilaksanakan dan manfaatnya didalam pengecekan kesehatan

1. Mendeteksi Zat Berbahaya Dalam Tubuh

Dilansir dari Siloamhospitals.com, tes urine merupakan metode yang efisien untuk mendeteksi keberadaan zat beresiko layaknya kokain, opioid, ganja, dan benzodiazepin didalam tubuh. Tes ini kerap digunakan didalam berbagai konteks, juga di pada atlet, karyawan, individu yang dicurigai sebagai pecandu, dan juga pelajar dan mahasiswa yang kemungkinan terlibat didalam penyalahgunaan narkoba atau zat terlarang lainnya.

Penggunaan tes urine untuk target ini adalah anggota perlu dari usaha untuk menegaskan keselamatan dan kesegaran masyarakat, menahan penyalahgunaan zat, dan juga menolong rehabilitasi bagi mereka yang membutuhkan. Tes ini mengimbuhkan cara yang cepat dan non-invasif untuk memonitor pemakaian zat-zat beresiko dan menegaskan bahwa individu berada didalam suasana yang sesuai bersama dengan standar kesegaran dan keselamatan yang ditetapkan.

2. Memastikan Kehamilan

Untuk memverifikasi kehamilan, alat tes kehamilan atau test pack digunakan bersama dengan cara memasukkannya ke didalam sampel urine yang udah dihimpun didalam wadah. Tes urine ini berfungsi mendeteksi keberadaan hormon human chorionic gonadotropin (HCG), yang diproduksi oleh plasenta langsung setelah embrio melekat pada dinding rahim.

Hormon HCG mulai terdeteksi didalam urine lebih dari satu hari setelah pembuahan dan meningkat bersama dengan cepat selama lebih dari satu minggu pertama kehamilan. Oleh karena itu, tes urine menjadi metode yang cepat dan non-invasif untuk menegaskan kehamilan. Alat tes kehamilan moderen amat peka dan mampu mengimbuhkan hasil yang akurat didalam hitungan menit, agar amat berfungsi bagi wanita yang menginginkan memahami standing kehamilannya bersama dengan cepat.

3. Mendeteksi Penyakit Ginjal

Pemeriksaan urine mampu digunakan sebagai metode untuk mendeteksi penyakit ginjal sejak dini, juga berbagai style peradangan. Hal ini diungkapkan oleh Sekjen Indonesian Society of Hypertension (InaSH), dr. Djoko Wibisono, SpPD-KGH. Tes urine ini mempunyai tujuan untuk mengukur takaran protein, rasio albumin, dan kreatinin didalam urine.

“Deteksi dini amat penting. Kehadiran protein didalam urine merupakan indikator awal rusaknya ginjal. Pemeriksaan secara terus-menerus dibutuhkan untuk mengidentifikasi penyakit ginjal kronis,” ujarnya.

4. Deteksi Dini Penyakit Autoimun

Menurut Djoko, tes urine mampu dilaksanakan pada bayi untuk mendeteksi keberadaan protein dan sel darah merah didalam urinenya, yang mampu menjadi indikator awal penyakit autoimun atau peradangan pada ginjal.

“Tidak jarang tetap balita mampu cuci darah karena penyakit autoimun, penyakit peradangan ginjal. Harus dideteksi dini urinenya. Bayi pun wajib dideteksi, jangan sampai urinenya ada protein, sel darah merah. Itu isyarat dini, hanya urine saja,” katanya.

BACA JUGA : Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

5. Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Tes urine memiliki manfaat perlu untuk memantau suasana kesegaran secara keseluruhan melalui pengecekan rutin. Pemeriksaan urine yang lengkap termasuk anggapan makroskopik, layaknya glukosa dan protein, dan juga mikroskopik, yang meliputi kristal, jamur, sel epitel, dan sel darah merah dan juga putih. Deteksi glukosa mampu menyatakan diabetes, waktu protein didalam urine mampu mengindikasikan persoalan ginjal atau suasana medis lainnya.

Analisis mikroskopik yang mendalam mampu mengidentifikasi keberadaan kristal, jamur, atau sel epitel yang mengindikasikan infeksi atau peradangan pada saluran kemih. Kehadiran sel darah merah dan putih didalam urine mampu menjadi isyarat infeksi atau suasana medis lain yang perlu perhatian lebih lanjut. Dengan pengecekan urine secara rutin, persoalan kesegaran mampu terdeteksi sejak dini, terlalu mungkin penanganan yang lebih cepat dan efektif.

Tentang Penulis

admin 8