Wisata Manado dan Sekitarnya yang Paling Hits dan Populer Tahun 2024

Manado memiliki berjenis-jenis objek liburan unggulan, terpenting liburan alamnya. Wisata ini mulai dari pantai, pulau, air terjun, sampai danau. Kecuali itu, perkotaan Manado juga memiliki sejumlah ikon yang juga menarik dikunjungi.

Di bawah ini akan kita ulas info mengenai 17 objek slot liburan Manado yang paling hits dan populer. Objek liburan ini selain berada di Kota Manado, juga berada di tempat sekitar Manado, seperti Minahasa dan Tomohon.

Daftar Wisata di Kota Manado

Diinformasikan dari website Kemenparekraf dan Pemkot Manado, berikut ini daftar objek liburan di Kota Manado, Sulawesi Utara yang dapat kamu kunjungi:

1. Taman Laut Bunaken
Taman Laut Bunaken tentu sudah tak asing lagi. Ini merupakan objek liburan unggulan Indonesia yang sudah berstatus warisan dunia UNESCO.

Turis dari berjenis-jenis belahan dunia datang ke sini untuk menyelami dunia bawah laut Bunaken. Taman Laut Bunaken merupakan habitat bagi lebih dari 3 ribu variasi ikan, reptil, moluska, dan mamalia laut.

2. Air Terjun Kima Atas
Air Terjun Kima Atas dapat dikatakan masih tersembunyi dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Air terjun ini sesungguhnya cukup menarik. Meski ketinggiannya cuma 8 meter, namun aliran airnya membentuk kolam yang dapat dimanfaatkan untuk mandi.

Air terjun ini masih sungguh-sungguh alami dan belum banyak disentuh pembangunan. Buat pencinta petualangan, mungkin akan menyukai tempat ini. Letaknya berada di Kelurahan Kima Atas, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara.

3. Pulau Manado Tua
Kecuali ke Pulau Bunaken, kamu dapat ke pulau sebelahnya, merupakan Pulau Manado Tua, pulau ini memiliki berjenis-jenis pantai yang cantik, di antaranya Pantai Apeng Datu, Apeng Gugu, Apeng Salah, dan Batu Layar.

Saat air surut, Pulau Manado Tua akan menyuguhkan gugusan terumbu karang di permukaan pantai tanpa perlu menyelam. Dan tentunya, kamu dapat merasakan sunset atau sunrise dari sini.

4. Pantai Malalayang
Pantai Malalayang sudah direvitalisasi menjadi lebih cantik dan dilegalkan oleh Presiden Joko Widodo sebagian waktu lalu. Letaknya tak jauh dari sentra Kota Manado.

Tenaga tarik Pantai Malalayang merupakan pemandangan Pulau Bunaken dan Manado Tua dari kejauhan. Panorama matahari terbenamnya juga sungguh-sungguh cantik. Pantai ini memiliki beach walk yang panjang sehingga kamu dapat merasakan laut dari mana saja.

5. Taman Hutan Raya Gunung Tumpa
Kota Manado juga punya Taman Hutan Raya Gunung Tumpa. Dari atas gunung setinggi 600 mdpl ini, kamu dapat merasakan pemandangan berjenis-jenis kota di Sulawesi Utara. Panorama lainnya seperti Gunung Lokon, Gunung Klabat, dan Pulau Manado Tua juga dapat dipandang dari objek liburan ini.

6. Pulau Siladen
Pulau Siladen juga berada di dekat Pulau Bunaken. Airnya yang tenang dan jernih membikin turis gembira berenang di lautan Pulau Siladen. Uniknya, kamu dapat memperhatikan terumbu karang dan biota laut lainnya tanpa harus berenang lebih dalam.

7. Zero Point
Zero Point atau spot nol selalu menjadi ikon dari tiap-tiap kota, termasuk Manado. Spot nol ini berwujud tugu dengan bentuk bola di atasnya. Jika kamu ke Manado, sempatkan berfoto di sini. Tetapi sebab berada di tengah jalan, cukup berfoto di pinggir jalan saja ya

Tentang Penulis

admin7